Cara merawat mesin genset dengan benar

Metode perawatan yang tepat dari genset – Genset membutuhkan perawatan khusus untuk dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama dan terus berfungsi secara optimal. Dengan hati-hati, generator dapat bekerja secara efektif dan bertahan lama. Selanjutnya, kami memberikan beberapa saran untuk perawatan generator

Pengoperasian generator harus benar. Jika Anda ingin menggunakan generator, baca terlebih dahulu petunjuk pengoperasian untuk menghindari kerusakan selama pengoperasian motor generator.

Tempatkan generator di tempat yang kering. Generator adalah salah satu alat yang harus dirawat untuk menjauhkannya dari generator dan dari matahari. Jika motor penggerak dipasang tanpa perawatan, dapat rusak dengan cepat dan bahkan menyebabkan sengatan listrik.


Sirkulasi udara di ruang generator, pengoperasian set generator di dalam ruangan harus memperhatikan sirkulasi udara di dalam ruangan. Dapat dipahami bahwa gas buang dari generator pembakaran yang tersisa, yang keluar dari gas buang, dapat terbuang dengan cukup. Selain kesehatan pengguna dan motor generator yang terlalu panas, ia juga dapat dicegah.

Periksa air suling dalam baterai. jual genset murah diisi ulang jika perlu, tetapi baterai harus diganti dalam 2-3 tahun untuk mempertahankan kinerja.

Kuantitas oli mesin Generator harus cocok, tambahkan oli jika tidak ada oli dan ganti jika oli sudah digunakan cukup lama. Adalah mungkin untuk memeriksa kekuatan oli mesin dan menggunakan oli berkualitas baik. Jadi, ganti saja oli generator sesuai prosedur

Pastikan bahan bakarnya tidak kosong. Bahan bakar yang tidak mencukupi selama pengoperasian generator dapat menyebabkan kerusakan yang cepat pada generator.

Pemanasan unit Secara teratur, motor generator harus dipanaskan. Dalam jenis generator dengan start listrik, mesin harus dipanaskan setidaknya seminggu sekali. Ini karena generator menggunakan baterai yang juga memerlukan pengisian baterai. Jika Anda tidak menyalakan motor generator terlalu lama, baterai akan habis dan jika Anda memerlukannya kapan saja, itu tidak akan hidup dan Anda harus mengaktifkan tuas atau sistem mundur.

Periksa kabel instrumen secara teratur. Kabel instrumen yang terletak pada generator harus selalu dipertimbangkan secara teratur. Perhatian disarankan karena merupakan bagian dari peralatan dasar genset.

Ganti generator yang sudah usang. Jika generator telah digunakan untuk jangka waktu tertentu, biasanya ada bagian atau komponen yang kinerjanya menurun. Penting untuk dicatat bahwa komponen usang yang lama harus diganti sehingga komponen generator lainnya tidak rusak hanya karena ada suku cadang yang sudah usang.

Matikan segera jika terjadi sesuatu. Jika Anda mengoperasikan generator dan sesuatu yang tidak wajar atau abnormal terjadi, seperti suara keras (lebih keras dari biasanya) atau terlalu banyak getaran, segera matikan generator. Periksa status unit segera ketika tidak aktif.

Lakukan perawatan dua kali setahun. Meskipun generator jarang digunakan, generator harus dirawat dengan baik. Perawatan ini dapat dilakukan dengan menyalakan generator untuk memastikan motor masih bekerja di dalam.

Untuk memahami metode perawatan unit, Anda dapat membaca manual di generator pada saat pembelian atau meminta layanan unit untuk menjelaskan detail perawatan unit. Bahkan, metode perawatan unit lanjutan harus dilakukan oleh teknisi yang mengerti generator. Hubungi layanan generator untuk mendapatkan kinerja generator yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *